--- id/handbook/hb-install-tools.xml 2004-10-01 14:09:49.000000000 +0200 +++ hb-install-tools.xml 2006-07-17 06:17:53.000000000 +0300 @@ -1,28 +1,51 @@ - + - + + +2.6 +2005-11-21 + +
+Device Manager + + +

+Jika anda menggunakan kernel 2.4 dan menginstall Gentoo dari stage3, +maka ada beberapa hal yang perlu anda lakukan. Karena Gentoo menggunakan +udev sebagai default dan udev tidak didukung oleh kernel 2.4, maka anda harus +menggunakan devfsd dan membuang udev. +

+ +
+(Bagi yang melakukan instalasi kernel 2.4 dengan stage3)
+# emerge --unmerge udev
+# emerge devfsd
+
+ + +
+
Logger Sistem

-Sewaktu penulis menjelaskan apakah itu stage3, penulis mengatakan -bahwa tarbal tersebut berisi semua utilitas-utilitas sistem penting yang tidak -memiliki alternatif lain. Penulis juga mengatakan bahwa kita akan menginstal -utilitas lain nantinya. Nah, di sinilah kita :-) +Ada beberapa tool yang tidak terdapat di stage3 karena sebagian +paket yang lain memiliki kegunaan yang sama. Sekarang anda bebas memilih +tool mana yang ingin anda instal.

-Utilitas pertama yang perlu anda pilih akan menyediakan fasilitas logging +Tool pertama yang perlu anda pilih akan menyediakan fasilitas logging bagi sistem anda. Unix dan Linux memiliki sejarah yang baik sekali tentang kemampuan logging -- jika anda mau, anda dapat me-log segala hal yang berlangsung di sistem anda di sebuah file log. Hal ini dilakukan oleh logger sistem.

@@ -32,61 +55,57 @@ logger sistem advanced, dan metalog yang merupakan logger sistem yang sangat dapat dikonfigurasi. Logger-logger lainnya mungkin tersedia juga di Portage - jumlah paket-paket yang tersedia bertambah dalam hitungan hari.

-Jika anda tidak tahu harus memilih yang mana, gunakan metalog -karena logger ini sangat bagus dan memiliki konfigurasi default yang bagus. +Jika anda berencana untuk menginstal sysklogd atau syslog-ng, +anda juga mungkin ingin menginstal logrotate setelah itu karena +logger-logger sistem ini tidak menyediakan mekanisme rotasi untuk file-file log.

+ +

Untuk menginstal logger sistem pilihan anda, emerge-lah logger tersebut dan masukkan ke dalam runlevel default menggunakan perintah rc-update. -Contoh berikut ini menginstal metalog. Tentu saja, gantikan dengan +Contoh berikut ini menginstal syslog-ng. Tentu saja, gantikan dengan logger sistem pilihan anda:

- -Tarbal stage3 dari rilis 2004.2 memiliki logger sysklogd secara tidak sengaja. -Anda perlu unmerge logger ini terlebih dahulu sebelum emerge logger yang baru. - -
-(Pertama unmerge logger sysklogd jika anda menggunakan tarbal stage3)
-# emerge unmerge sysklogd
-(Anda perlu menghapus skrip init sysklogd juga)
-# rm /etc/init.d/sysklogd
-
-(Sekarang, instal logger yang anda inginkan)
 # emerge syslog-ng
 # rc-update add syslog-ng default
 
Opsional: Cron Daemon

-Berikutnya adalah cron daemon. Walaupun ini merupakan opsional dan -tidak diperlukan oleh sistem anda, akan lebih bijaksana jika anda -menginstalnya. Tetapi, apakah itu cron daemon? Cron daemon menjalankan -perintah-perintah yang telah dijadwalkan. Utilitas ini sangat berguna jika -anda perlu menjalankan beberapa program secara teratur (mis. per hari, -per minggu, atau per bulan). +Berikutnya adalah cron daemon. Walaupun ini merupakan opsional dan tidak +diperlukan oleh sistem anda, akan lebih bijaksana jika anda menginstalnya. +Tetapi, apakah itu cron daemon? Cron daemon menjalankan perintah-perintah +yang telah dijadwalkan. Tool ini sangat berguna jika anda perlu menjalankan +beberapa program secara teratur (mis. per hari, per minggu, atau per bulan).

-Gentoo menyediakan tiga cron daemon, yaitu: dcron, fcron -dan vixie-cron. Cara menginstal utilitas tersebut sama dengan cara -menginstal sebuah logger sistem. Walaupun begitu, dcron dan -fcron membutuhkan perintah konfigurasi tambahan, yaitu crontab -/etc/crontab. Jika anda tidak tahu ingin memilih yang mana, gunakanlah -vixie-cron. +Gentoo menyediakan tiga cron daemon, yaitu: dcron, fcron dan +vixie-cron. Cara menginstal tool tersebut sama dengan cara menginstal +sebuah logger sistem. Walaupun begitu, dcron dan fcron +membutuhkan perintah konfigurasi tambahan, yaitu crontab /etc/crontab. +Jika anda tidak tahu ingin memilih yang mana, gunakanlah vixie-cron.

Kami hanya menyediakan vixie-cron untuk instalasi tanpa jaringan. Jika anda menginginkan daemon cron lainnya, anda dapat menunggu dan menginstal paket tersebut nantinya. @@ -103,48 +122,41 @@

Opsional: Indexing File

Jika anda ingin meng-index file-file sistem anda agar anda dapat menemukannya -dengan mudah menggunakan utilitas locate, anda perlu menginstal +dengan mudah menggunakan tool locate, anda perlu menginstal sys-apps/slocate.

- -Jika anda menginstal Gentoo menggunakan profile bertumpuk (cascading), -slocate akan telah terinstal pada sistem anda. Profile bertumpuk belum -digunakan secara default, jadi jika anda tidak mengerti, anda dapat menganggap -anda tidak sedang menggunakan profile bertumpuk. - -
 # emerge slocate
 
-Utilitas File System +Tool File System

-Tergantung pada filesystem yang anda gunakan, anda perlu menginstal utilitas +Tergantung pada filesystem yang anda gunakan, anda perlu menginstal tool filesystem yang diperlukan (untuk memeriksa integritas filesystem, menciptakan filesystem tambahan, dll.).

-Tabel berikut menjabarkan utilitas-utilitas yang perlu anda instal jika anda +Tabel berikut menjabarkan tool-tool yang perlu anda instal jika anda menggunakan filesystem tertentu:

- + XFSxfsprogsemerge xfsprogs @@ -158,33 +170,56 @@ JFSjfsutilsemerge jfsutils
File SystemUtilitasTool Perintah Instalasi
-

-Jika anda tidak memerlukan rp-pppoe untuk melakukan koneksi ke -internet, lanjutkan ke Mengkonfigurasi -Bootloader. Sebaliknya, lanjutkan ke Opsional: -Utilitas Jaringan. +USE="-gtk" akan mencegah instalasi dependensi. Jika anda ingin +mengaktifkan tool grafikal evms, anda bisa mengkompilasi ulang +evms nanti. +

+ +

+Jika anda tidak memerlukan tool lain yang berhubungan dengan network (mis. +rp-pppoe atau klien dhcp), lanjutkan ke Mengkonfigurasi Bootloader.

-Opsional: Utilitas Jaringan +Tool Jaringan + +Opsional: Instalasi Klien DHCP + + +

+Jika anda ingin agar Gentoo mendapatkan alamat IP secara otomatis untuk +interface jaringan anda, maka anda perlu menginstal dhcpcd (atau +klien DHCP yang lain) di sistem anda. Jika anda tidak melakukan ini +sekarang, mungkin anda tidak akan dapat melakukan koneksi internet setelah +proses instalasi selesai! +

+ +
+# emerge dhcpcd
+
+ + +
+ +Opsional: Instalasi Klien PPPoE

Jika anda memerlukan rp-pppoe untuk melakukan koneksi ke internet, anda perlu menginstalnya.

@@ -192,19 +227,37 @@
 # USE="-X" emerge rp-pppoe
 

Opsi USE="-X" akan mencegah xorg-x11 diinstal sebagai dependensi -(rp-pppoe memiliki utilitas grafis; jika anda ingin mengaktifkannya, +(rp-pppoe memiliki tool grafis; jika anda ingin mengaktifkannya, anda dapat mengkompilasi kembali rp-pppoe nantinya, atau anda dapat mengkompilasi xorg-x11 sekarang -- yang akan berlangsung cukup lama)

+ +
+ +Optional: Tool RAID untuk hardware IBM + + +

+Jika anda menggunakan RAID SCSI di sistem berbasis POWER5, anda harus +pertimbangkan untuk menginstal iprutils agar anda bisa menggunakan +array disk RAID, mendapatkan status pada disk di dalam array, mengupdate +microcode, dll. +

+ +
+# emerge iprutils
+
+

Sekarang lanjutkan ke Mengkonfigurasi Bootloader.

+