2.20 2006-07-13
Chroot Opsional: Memilih Mirror

Untuk mendownload source code dengan cepat, anda dianjurkan untuk memilih sebuah mirror yang kencang. Portage akan memeriksa variable GENTOO_MIRRORS di make.conf anda dan menggunakan mirror yang tercantum. Anda bisa melihat daftar mirror kami dan mencari sebuah mirror (atau lebih) yang dekat dengan anda (karena biasanya inilah yang paling kencang), tapi kami menyediakan sebuah utilitas bernama mirrorselect yang menyediakan interface bagus bagi anda untuk memilih mirror yang anda inginkan.

# mirrorselect -i -o >> /mnt/gentoo/etc/make.conf
Jangan memilih mirror IPv6 apapun. Stage kami untuk saat ini belum mendukung IPv6.

Setting kedua yang penting adalah SYNC di make.conf. Variabel ini berisi server rsync yang ingin anda gunakan ketika meng-update pohon Portage anda (kumpulan ebuild, skrip yang berisi seluruh informasi yang dibutuhkan Portage untuk mendownload dan menginstal software). Walaupun anda bisa saja memasukkan sebuah server SYNC secara manual, mirrorselect dapat memudahkannya untuk anda:

# mirrorselect -i -r -o >> /mnt/gentoo/etc/make.conf

Setelah menjalankan mirrorselect, anda dianjurkan untuk memeriksa kembali setting di /mnt/gentoo/etc/make.conf !

Copy Informasi DNS

Satu hal yang masih harus dilakukan sebelum kita memasuki lingkungan baru adalah meng-copy informasi DNS di file /etc/resolv.conf. Anda perlu melakukan langkah ini untuk memastikan koneksi jaringan anda tetap berfungsi setelah memasuki lingkungan baru. File /etc/resolv.conf mengandung nameserver-nameserver untuk jaringan anda.

(Opsi "-L" diperlukan untuk memastikan kita tidak meng-copy link simbolik)
# cp -L /etc/resolv.conf /mnt/gentoo/etc/resolv.conf
Mount Filesystem /proc dan /dev

Mount filesystem /proc ke /mnt/gentoo/proc agar proses instalasi dapat menggunakan informasi dari kernel walaupun berada di lingkungan chroot, kemudian mount-bind filesystem /dev.

# mount -t proc none /mnt/gentoo/proc
# mount -o bind /dev /mnt/gentoo/dev
Memasuki Lingkungan Baru

Setelah semua partisi tercipta dan lingkungan dasar terinstal, sekarang saatnya untuk memasuki lingkungan instalasi baru kita dengan melakukan chroot ke dalamnya. Artinya, kita berpindah tempat dari lingkungan instalasi kita saat ini (CD Instalasi atau media instalasi lain) ke sistem instalasi anda (yaitu partisi-partisi yang baru diciptakan).

Proses chroot ini dilakukan dalam tiga langkah. Pertama, kita akan memindahkan root dari / (di media instalasi) ke /mnt/gentoo (di partisi anda) menggunakan perintah chroot. Lalu, kita akan menciptakan sebuah lingkungan baru menggunakan perintah env-update, yang akan menciptakan variabel-variabel lingkungan. Terakhir, kita akan me-load variabel-variabel tersebut menggunakan perintah source.

# chroot /mnt/gentoo /bin/bash
# env-update
>> Regenerating /etc/ld.so.cache...
# source /etc/profile
# export PS1="(chroot) $PS1"

Selamat! Anda sekarang berada di lingkungan Gentoo Linux anda. Tentu saja, ini masih jauh dari selesai, karena itu proses instalasi masih memiliki beberapa bagian lagi :-)

Mengkonfigurasi Portage Update pohon Portage

Sekarang anda harus meng-update pohon Portage anda ke versi yang paling baru. emerge --sync akan melakukannya untuk anda.

# emerge --sync
(Jika anda menggunakan terminal (konsol) yang lambat seperti beberapa 
konsol framebuffer atau sebuah konsol serial, anda dapat menambahkan opsi
--quiet untuk mempercepat proses ini:)

Jika anda menggunakan firewall yang menghalangi jalur rsync, anda dapat menggunakan "emerge-webrsync" yang akan mendownload dan menginstal snapshot portage bagi anda.

Jika anda mendapat peringatan bahwa versi Portage yang lebih baru tersedia dan anda sebaiknya mengupdate Portage, anda harus melakukannya sekarang dengan perintah emerge portage.

Memilih Profil yang Benar

Pertama, penjelasan kecil tentang Profil

Sebuah profil merupakan sebuah blok bangunan bagi sitem Gentoo. Profil tidak hanya menentukan nilai-nilai default untuk CHOST, CFLAGS dan variabel penting lainnya, tapi juga mengunci sistem di versi-versi paket dalam tingkatan tertentu.

Sebelumnya, profil jarang sekali disentuh oleh user. Tapi, user x86, hppa dan alpha dapat memilih andata dua profil, satu untuk kernel 2.4 dan yang lainnya untuk kernel 2.6. Hal ini diadakan untuk meningkatkan integrasi kernel 2.6. Arsitektur ppc dan ppc64 juga memiliki beberapa profil yang tersedia. Kita akan membicarakannya nanti.

Anda dapat melihat profil apa yang sedang anda gunakan sekarang dengan perintah berikut:

# ls -FGg /etc/make.profile
lrwxrwxrwx  1 48 Apr  8 18:51 /etc/make.profile -> ../usr/portage/profiles/default-linux/x86/2006.0/

Jika anda menggunakan salah satu dari tiga arsitektur tersebut di atas, maka profil default akan menyediakan sistem berbasis kernel 2.6 untuk anda. Inilah profil default, tapi anda juga memiliki opsi untuk memilih profil yang lain.

Sebagian user mungkin ingin menggunakan sistem yang berbasis profil Linux 2.4 yang lebih lama. Jika anda punya alasan baik untuk ini, maka pertama anda harus memeriksa apakah profil lain tersedia. Pada x86, kita bisa melakukannya dengan perintah berikut:

# ls -d /usr/portage/profiles/default-linux/x86/no-nptl/2.4
/usr/portage/profiles/default-linux/x86/no-nptl/2.4

Contoh di atas menunjukkan bahwa profil 2.4 tersedia (karena tidak ada komplain tentang file atau direktori yang kurang). Anda dianjurkan untuk tetap menggunakan profil default, tapi jika anda ingin menggantinya, lakukan dengan seperti ini:

(Pastikan anda menggunakan arsitektur yang benar, contoh di bawah ini untuk x86)
# ln -snf /usr/portage/profiles/default-linux/x86/no-nptl/2.4 /etc/make.profile
(Melihat file di profil 2.4)
# ls -FGg /etc/make.profile/
total 12
-rw-r--r--  1 939 Dec 10 14:06 packages
-rw-r--r--  1 347 Dec  3  2004 parent
-rw-r--r--  1 573 Dec  3  2004 virtuals

Untuk ppc, ada beberapa profil baru yang tersedia di versi 2006.0

(Profil generic PPC, untuk semua mesin PPC, minimal)
# ln -snf /usr/portage/profiles/default-linux/ppc/ppc32/2006.0 /etc/make.profile
(Profil G3)
# ln -snf /usr/portage/profiles/default-linux/ppc/ppc32/2006.0/G3 /etc/make.profile
(Profil G3 Pegasos)
# ln -snf /usr/portage/profiles/default-linux/ppc/ppc32/2006.0/G3/Pegasos/ /etc/make.profile
(Profil G4 (Altivec))
# ln -snf /usr/portage/profiles/default-linux/ppc/ppc32/2006.0/G4 /etc/make.profile
(Profil G4 (Altivec) Pegasos)
# ln -snf /usr/portage/profiles/default-linux/ppc/ppc32/2006.0/G4/Pegasos/ /etc/make.profile

Untuk ppc64, ada beberapa profil baru yang tersedia di versi 2006.0

(Profil generic 64bit userland PPC64, untuk semua mesin PPC64)
# ln -snf /usr/portage/profiles/default-linux/ppc/ppc64/2006.0/64bit-userland /etc/make.profile
(Profil generic 32bit userland PPC64, untuk semua mesin PPC64)
# ln -snf /usr/portage/profiles/default-linux/ppc/ppc64/2006.0/32bit-userland /etc/make.profile
(Setiap tipe userland memiliki sub profil seperti di bawah ini, dengan (userland) digantikan oleh userland yang dipilih dari atas)
(Profil 970 untuk JS20)
# ln -snf /usr/portage/profiles/default-linux/ppc/ppc64/2006.0/(userland)/970 /etc/make.profile
(Profil G5)
# ln -snf /usr/portage/profiles/default-linux/ppc/ppc64/2006.0/(userland)/970/pmac /etc/make.profile
(Profil POWER3)
# ln -snf /usr/portage/profiles/default-linux/ppc/ppc64/2006.0/(userland)/power3 /etc/make.profile
(Profil POWER4)
# ln -snf /usr/portage/profiles/default-linux/ppc/ppc64/2006.0/(userland)/power4 /etc/make.profile
(Profil POWER5)
# ln -snf /usr/portage/profiles/default-linux/ppc/ppc64/2006.0/(userland)/power5 /etc/make.profile
(Profil multilib belum dianggap stabil di release ini.)
Konfigurasi Variabel USE

USE merupakan salah satu variabel yang paling mengagumkan yang disediakan oleh Gentoo untuk para penggunanya. Beberapa program dapat dikompilasi dengan atau tanpa dukungan tambahan terhadap beberapa hal. Sebagai contoh, beberapa program dapat dikompilasi dengan dukungan gtk, atau dengan dukungan qt. Program-program lainnya dapat dikompilasi dengan atau tanpa dukungan SSL. Beberapa program bahkan dapat dikompilasi dengan dukungan framebuffer (svgalib) sebagai ganti X11 (X-server).

Kebanyakan distro linux mengkompilasi paket-paket mereka dengan dukungan sebanyak mungkin, sehingga meningkatkan ukuran program dan waktu yang diperlukan untuk menjalankan program tersebut, dan juga banyak sekali dependency yang diperlukan. Dengan Gentoo, anda dapat mendefenisikan opsi-opsi apa saja yang harus dikompilasi di sebuah paket. Di sinilah variabel USE berperan penting.

Di variabel USE, anda mendefenisikan keyword-keyword yang tertuju ke opsi kompilasi. Sebagai contoh, ssl akan mengkompilasi dukungan ssl ke program yang mendukungnya. -X akan menonaktifkan dukungan X-server (perhatikan tanda minus di depannya). gnome gtk -kde -qt akan mengkompilasi program-program anda dengan dukungan gnome (dan gtk), tanpa dukungan kde (dan qt), sehingga sistem anda akan lebih ramping untuk GNOME.

Setting-setting USE default disimpan di file /etc/make.profile/make.defaults. Apa yang anda simpan di file /etc/make.conf dikalkulasi terhadap setting default. Jika anda menambahkan sebuah keyword ke setting USE, keyword tersebut akan ditambahkan ke daftar default. Jika anda menghapus sebuah keyword dari setting USE (dengan menambahkan tanda minus di depannya), keyword tersebut akan dihapus dari daftar default (tentu saja, jika sebelumnya keyword tersebut berada di daftar default). Jangan pernah mengubah sesuatu di dalam direktori /etc/make.profile; isi direktori tersebut ditimpa setiap kali anda mengupdate Portage!

Deskripsi variabel USE yang lengkap dapat ditemukan di bagian dua Buku Panduan Gentoo, Flag USE. Deskripsi lengkap tentang flag-flag USE yang tersedia dapat ditemukan di sistem anda di file /usr/portage/profiles/use.desc.

# less /usr/portage/profiles/use.desc
(Anda dapat men-skrol menggunakan tanda panah, keluar dengan
menekan 'q')

Sebagai contoh, kita akan melihat setting USE untuk sistem berbasis KDE dengan dukungan DVD, ALSA dan CD-Recording:

# nano -w /etc/make.conf
USE="-gtk -gnome qt kde dvd alsa cdr"
Opsional: GLIBC Locales

Anda mungkin hanya ingin menggunakan satu atau dua locales di sistem anda. Sampai saat ini setelah mengkompilasi glibc sebuah set lengkap dari seluruh locales yang tersedia akan diciptakan. Sekarang anda bisa mengaktifkan flag USE untuk userlocales dan menentukan hanya locales yang anda butuhkan di /etc/locales.build. Lakukan ini jika anda benar-benar tahu locale apa yang harus dipilih.

# mkdir -p /etc/portage
# echo "sys-libs/glibc userlocales" >> /etc/portage/package.use

Sekarang tentukan locales yang ingin anda gunakan

# nano -w /etc/locales.build

Locales di bawah ini merupakan contoh untuk mendapatkan locales English (United States) dan German (Germany) bersama format karakternya (seperti UTF-8).

en_US/ISO-8859-1
en_US.UTF-8/UTF-8
de_DE/ISO-8859-1
de_DE@euro/ISO-8859-15

Sekarang lanjutkan ke Mengkonfigurasi Kernel