--- id/handbook/hb-install-network.xml 2004-08-24 09:38:57.000000000 +0300 +++ hb-install-network.xml 2006-07-15 02:06:53.000000000 +0300 @@ -1,148 +1,86 @@ - + - + -
-Anda dapat melakukannya tanpa, tapi... - -Siapa yang dapat melakukannya tanpa koneksi jaringan (internet)? - -

-Tergantung medium yang anda pilih untuk menginstal Gentoo, anda -dapat ataupun tidak dapat melanjutkan tanpa koneksi jaringan (internet). -Tidak, kami tidak bercanda =) -

+2.4 +2006-07-06 -

-Pada umumnya, anda perlu untuk mensetup koneksi jaringan (dan internet). -Tetapi, Gentoo juga menyediakan kemungkinan untuk melakukan -instalasi tanpa koneksi jaringan (internet). Pengecualian ini hanya -dapat dilakukan menggunakan LiveCD Universal Gentoo -

- - -
+
+Deteksi Otomatis Jaringan -Mengapa saya memerlukan koneksi jaringan (internet)? +Mungkin telah berfungsi?

-Instalasi Gentoo melalui internet menghasilkan sistem Gentoo -yang paling up-to-date. Anda akan melakukan instalasi berdasarkan -Portage tree yang paling baru (yang merupakan koleksi paket-paket -yang kami sediakan beserta utilitas untuk mengurus software anda). -Hal ini juga merupakan alasan utama mengapa instalasi-internet -lebih direkomendasikan. Bagaimanapun juga, beberapa orang tidak -dapat atau tidak ingin menginstal Gentoo pada sistem yang memiliki -koneksi internet. +Jika sistem anda terpasang ke jaringan Ethernet dengan server DHCP, kemungkinan +besar konfigurasi jaringan anda telah disetup secara otomatis bagi anda. Jika +benar, anda seharusnya telah bisa menggunakan berbagai perintah-perintah +jaringan pada CD Instalasi seperti ssh, scp, ping, +irssi, wget, links, dll.

-Jika anda berada di situasi ini, anda perlu menggunakan LiveCD Universal Gentoo. -Set ini berisi sourcecode, snapshot dari portage-tree dan utilitas -untuk menginstal sistem berbasis Gentoo, dll. Metode ini memiliki -kerugiannya: anda tidak akan memiliki software yang paling baru, -walaupun perbedaannya akan minimal saja. +Jika jaringan anda telah dikonfigurasi, maka perintah /sbin/ifconfig +akan menampilkan beberapa intarface jaringan selain lo, seperti eth0:

-

-Jika anda ingin melakukan instalasi tanpa-jaringan ini, anda harus -menggunakan LiveCD Universal Gentoo. Lewati sisa dari bab ini dan -lanjutkan dengan Mempersiapkan -Disk. Sebaliknya, lanjutkan dengan seksi konfigurasi jaringan -di bawah. -

+
+# /sbin/ifconfig
+(...)
+eth0      Link encap:Ethernet  HWaddr 00:50:BA:8F:61:7A
+inet addr:192.168.0.2  Bcast:192.168.0.255  Mask:255.255.255.0
+inet6 addr: fe80::50:ba8f:617a/10 Scope:Link
+UP BROADCAST RUNNING MULTICAST  MTU:1500  Metric:1
+RX packets:1498792 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
+TX packets:1284980 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
+collisions:1984 txqueuelen:100
+RX bytes:485691215 (463.1 Mb)  TX bytes:123951388 (118.2 Mb)
+Interrupt:11 Base address:0xe800 
+
Opsional: Konfigurasi Proxy

-Jika anda mengakses internet melalui sebuah proxy, anda mungkin perlu -mensetup proxy tersebut sewaktu instalasi. Untuk menset sebuah proxy, -anda dapat dengan mudah menset sebuah variabel yang berisi informasi -server proxy tersebut. +Jika anda mengakses internet melalui sebuah proxy, anda mungkin perlu mensetup +proxy tersebut sewaktu instalasi. Untuk menset sebuah proxy, anda dapat dengan +mudah menset sebuah variabel yang berisi informasi server proxy tersebut.

Pada kebanyakan kasus, anda hanya perlu menset variabel menggunakan hostname server tersebut. Sebagai contoh, kami mengasumsikan proxy anda bernama proxy.gentoo.org dan portnya 8080.

-
+
 (Jika proxy tersebut membatasi koneksi HTTP)
 # export http_proxy="http://proxy.gentoo.org:8080"
 (Jika proxy tersebut membatasi koneksi FTP)
 # export ftp_proxy="ftp://proxy.gentoo.org:8080"
 (Jika proxy tersebut membatasi koneksi RSYNC)
 # export RSYNC_PROXY="proxy.gentoo.org:8080"
 

-Jika proxy anda membutuhkan username dan password, anda dapat +Jika proxy anda membutuhkan username dan password, anda harus menggunakan syntax berikut sewaktu menset variabel proxy:

-http://username:password@server
-
- -

-Sebagai contoh, untuk proxy HTTP dengan server sebelumnya dan -username "john" dan password "f00b_r", gunakan perintah berikut: -

- -
-# export http_proxy="http://john:f00b_r@proxy.gentoo.org:8080"
-
- - - -
-
-Deteksi Jaringan secara Otomatis - -Mungkin telah berfungsi? - - -

-Jika sistem anda terpasang ke jaringan Ethernet dengan server DHCP, -kemungkinan besar konfigurasi jaringan anda telah disetup secara -otomatis bagi anda. Jika benar, anda seharusnya telah bisa -menggunakan berbagai perintah-perintah jaringan pada LiveCD seperti -ssh, scp, ping, irssi, wget, -links, dll. -

- -

-Jika jaringan anda telah otomatis terkonfigurasi, perintah -/sbin/ifconfig akan menampilkan beberapa interface jaringan -selain lo, mis. eth0: -

- -
-# /sbin/ifconfig
-eth0      Link encap:Ethernet  HWaddr 00:50:BA:8F:61:7A
-          inet addr:192.168.0.2  Bcast:192.168.0.255  Mask:255.255.255.0
-          inet6 addr: fe80::50:ba8f:617a/10 Scope:Link
-          UP BROADCAST RUNNING MULTICAST  MTU:1500  Metric:1
-          RX packets:1498792 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
-          TX packets:1284980 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
-          collisions:1984 txqueuelen:100
-          RX bytes:485691215 (463.1 Mb)  TX bytes:123951388 (118.2 Mb)
-          Interrupt:11 Base address:0xe800 
+http://username:password@proxy.gentoo.org:8080
 
Tes Koneksi Jaringan @@ -157,38 +95,36 @@
 # ping -c 3 www.yahoo.com
 

-Dapatkah anda menggunakan koneksi jaringan anda? jika bisa, anda -dapat melewati sisa dari seksi ini dan melanjutkan dengan -Mempersiapkan Disk. Jika tidak, -sayang sekali, anda harus melewati beberapa rintangan lagi :) +Jika anda sudah bisa menggunakan jaringan anda, anda dapat melewati sisa dari +seksi ini dan melanjutkan dengan Mempersiapkan +Disk. Jika tidak, maka lanjutkan.

Konfigurasi Jaringan secara Otomatis

-Jika koneksi jaringan anda tidak dapat langsung berfungsi, beberapa -media instalasi memiliki beberapa utilitas untuk membantu anda -mensetup koneksi jaringan anda, seperti net-setup (untuk -jaringan pada umumnya), adsl-setup (untuk pengguna ADSL). -atau pptp (untuk pengguna PPTP - hanya tersedia pada x86). +Jika koneksi jaringan anda tidak dapat langsung berfungsi, pada beberapa media +instalasi, anda dapat menggunakan net-setup (untuk jaringan biasa atau +wireless), adsl-setup (untuk pengguna ADSL) atau pptp (untuk +pengguna PPTP - hanya tersedia pada x86, amd64, alpha, ppc dan ppc64).

Jika media instalasi yang anda gunakan tidak memiliki utilitas-utilitas tersebut, atau jaringan anda masih belum berfungsi, lanjutkan ke Konfigurasi Jaringan secara Manual. +link="#doc_chap3">Konfigurasi Jaringan secara Manual.

  • Bagi pengguna Ethernet biasa, lanjutkan dengan Default: Menggunakan net-setup @@ -228,25 +164,25 @@ sisa dari seksi ini dan lanjutkan dengan Mempersiapkan Disk.

    Jika koneksi jaringan anda masih tidak berfungsi, lanjutkan dengan -Konfigurasi Jaringan secara Manual. +Konfigurasi Jaringan secara Manual.

    Alternatif: Menggunakan RP-PPPoE

    Jika anda menggunakan PPPoE untuk melakukan koneksi ke internet, -LiveCD (semua versi) telah mempermudah konfigurasi jaringan anda +CD Instalasi (semua versi) telah mempermudah konfigurasi jaringan anda dengan mengikutsertakan utilitas rp-pppoe. Gunakan skrip adsl-setup yang tersedia untuk mengkonfigurasi jaringan anda. Anda akan ditanya tentang device ehternet yang terhubung ke modem adsl anda, username dan password anda, IP dari server DNS anda, dan apakah anda memerlukan firewall dasar atau tidak.

    @@ -254,20 +190,20 @@
     # adsl-setup
     # adsl-start
     

    -Jika masih tidak berfungsi, periksa lagi kalau anda mengetikkan dengan benar -username dan password anda, dengan memeriksa file /etc/ppp/pap-secrets - atau /etc/ppp/chap-secrets, dan pastikan kalau anda -menggunakan device ethernet yang tepat. Jika device ethernet anda tidak -ditemukan, anda harus meload modul ethernet anda secara manual. Jika -anda berada di kasus ini, anda harus melanjutkan dengan -Konfigurasi Jaringan secara Manual yang menjelaskan cara meload -modul ethernet anda. +Jika masih tidak berfungsi, periksa lagi kalau anda mengetikkan dengan +benar username dan password anda, dengan memeriksa file +/etc/ppp/pap-secrets atau /etc/ppp/chap-secrets, +dan pastikan kalau anda menggunakan device ethernet yang tepat. Jika +device ethernet anda tidak ditemukan, anda harus meload modul ethernet anda +secara manual. Jika anda berada di kasus ini, anda harus melanjutkan dengan +Konfigurasi Jaringan secara Manual yang +menjelaskan cara meload modul ethernet anda.

    Jika semua berjalan lancar, lanjutkan dengan Mempersiapkan Disk.

    @@ -275,18 +211,22 @@
    Alternatif: Menggunakan PPTP + +Dukungan PPTP hanya tersedia untuk x86 + +

    -Jika anda memerlukan dukungan PPTP, anda dapat menggunakan utilitas -pptpclient yang disediakan di LiveCD. Tetapi, pertama-tama anda harus -memastikan kalau konfigurasi anda telah benar. Edit file -/etc/ppp/pap-secrets atau /etc/ppp/chap-secrets agar -berisi kombinasi username/password anda yang benar: +Jika anda memerlukan dukungan PPTP, anda dapat menggunakan utilitas +pptpclient yang disediakan di CD Instalasi. Tetapi, pertama-tama +anda harus memastikan kalau konfigurasi anda telah benar. Edit file + /etc/ppp/pap-secrets atau /etc/ppp/chap-secrets +agar berisi kombinasi username/password anda yang benar:

     # nano -w /etc/ppp/chap-secrets
     
    @@ -306,30 +246,30 @@
     # pptp <server ip>
     

    -Sekarang, lanjutkan dengan -Mempersiapkan Disk. +Sekarang, lanjutkan dengan Mempersiapkan +Disk.

Konfigurasi Jaringan secara Manual Meload modul Jaringan yang Tepat

-Sewaktu LiveCD boot, LiveCD akan mencoba untuk mendeteksi seluruh -perangkat hardware anda dan meload modul-modul kernel yang diperlukan -untuk mendukung hardware anda. Di kebanyakan kasus, LiveCD melakukan -tugasnya secara sukses. Tetapi, di beberapa kasus, LiveCD mungkin +Sewaktu CD Instalasi boot, CD Instalasi akan mencoba untuk mendeteksi seluruh +perangkat hardware anda dan meload modul-modul kernel yang diperlukan untuk +mendukung hardware anda. Di kebanyakan kasus, CD Instalasi melakukan +tugasnya secara sukses. Tetapi, di beberapa kasus, CD Instalasi mungkin gagal meload modul kernel yang anda perlukan.

Jika net-setup atau adsl-setup gagal, mungkin kartu jaringan anda tidak ditemukan secara otomatis. Hal ini berarti @@ -400,13 +340,13 @@

Pilih salah satu seksi berikut ini sesuai dengan konfigurasi jaringan anda:

  • - Menggunakan DHCP untuk mendapatkan IP + Menggunakan DHCP untuk mendapatkan IP secara otomatis
  • Mempersiapkan Akses Wireless jika anda memiliki kartu wireless
  • @@ -419,13 +359,13 @@ menjelaskan cara mensetup jaringan anda secara manual
- + Menggunakan DHCP

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) memungkinkan anda untuk menerima informasi jaringan (alamat IP, netmask, alamat broadcast, gateway, @@ -454,14 +394,14 @@ Mempersiapkan Akses Wireless -Tidak semua LiveCD memiliki perintah iwconfig. Jika CD anda tidak -memiliki, anda tetap dapat memfungsikan ekstensinya dengan mengikuti +Dukungan untuk perintah iwconfig hanya tersedia di CD Instalasi x86, +amd64 dan ppc. Anda tetap dapat memfungsikan ekstensinya dengan mengikuti instruksi proyek linux-wlan-ng.

Jika anda menggunakan sebuah kartu wirelss (802.11), anda mungkin perlu @@ -480,22 +420,23 @@ Link Quality:25/10 Signal level:-51 dBm Noise level:-102 dBm Rx invalid nwid:5901 Rx invalid crypt:0 Rx invalid frag:0 Tx excessive retries:237 Invalid misc:350282 Missed beacon:84 -Beberapa kartu wireless mungkin memiliki nama device wlan0 daripada -eth0. +Beberapa kartu wireless mungkin memiliki nama device wlan0 atau +ra0 daripada eth0. Jalankan iwconfig tanpa parameter +apapun untuk menemukan nama device yang benar.

Untuk kebanyakan pengguna, hanya ada dua setting yang penting untuk diganti, -yaitu ESSID (atau nama jaringan wireless) atau kunci WEP. Jika ESSID dan alamat -Poin Akses yang ditampilkan adalah poin akses anda dan anda tidak menggunakan -WEP, maka koneksi wireless anda telah berfungsi. Jika anda perlu mengubah -ESSID anda, atau menambahkan sebuah kunci WEP, anda dapat menjalankan +yaitu ESSID (atau nama jaringan wireless) atau kunci WEP. Jika ESSID dan +alamat Poin Akses yang ditampilkan adalah poin akses anda dan anda tidak +menggunakan WEP, maka koneksi wireless anda telah berfungsi. Jika anda perlu +mengubah ESSID anda, atau menambahkan sebuah kunci WEP, anda dapat menjalankan perintah berikut:

 (Perintah ini mengeset nama jaringan menjadi "GentooNode")
 # iwconfig eth0 essid GentooNode
@@ -527,24 +468,24 @@
 maka anda dapat melewati seksi ini dan lanjutkan dengan Menggunakan ifconfig dan route.
 
 
 

Jika semua cara di atas gagal, anda harus mengkonfigurasi jaringan anda -secara manual. Tidak perlu khawatir, cara ini tidak sulit. Tetapi, kami akan -mencoba menjelaskan sedikit tentang jaringan kepada anda karena anda -akan memerlukannya nanti untuk mengkonfigurasi jaringan sesuai kebutuhan -anda. Setelah anda selesai membaca bagian ini, anda akan mengetahui +secara manual. Tidak perlu khawatir, cara ini sama sekali tidak sulit. +bagaimanapun juga, anda perlu mengerti beberapa terminologi jaringan, karena +anda akan membutuhkannya untuk mengkonfigurasi jaringan anda sesuai dengan +keinginan anda. Setelah anda selesai membaca bagian ini, anda akan mengetahui arti dari gateway, fungsi dari netmask, bagaimana cara menulis alamat broadcast, dan mengapa anda memerlukan nameserver.

-Dalam sebuah jaringan, host dikenal melalui alamat IP (IP = -Internet Protocol) mereka. Alamat tersebut merupakan kombinasi dari +Dalam sebuah jaringan, host dikenal melalui alamat IP (Internet +Protocol) mereka. Alamat tersebut merupakan kombinasi dari empat nomor-nomor antara 0 dan 255. Begitulah cara kita mengartikannya. Sebenarnya, alamat IP dibentuk oleh 32 bit (satu dan nol). Mari kita lihat sebuah contoh:

@@ -599,15 +540,15 @@
            +--------------------------+--------+
                      Network             Host
 

Agar anda dapat menjelajahi internet, anda harus mengetahui host mana -yang membagi (share) koneksi internet. Host ini dikenal sebagai gateway. -Karena gateway merupakan host biasa juga, gateway juga memiliki sebuah -alamat IP (mis. 192.168.0.1). +yang membagi (share) koneksi internet. Host ini dikenal sebagai +gateway. Karena gateway merupakan host biasa juga, gateway juga +memiliki sebuah alamat IP (mis. 192.168.0.1).

Sebelumnya, kami telah menjelaskan bahwa setiap host memiliki alamat IP khusus. Untuk mengakses host ini menggunakan namanya (daripada alamat IP), anda memerlukan sebuah servis yang menerjemahkan sebuah @@ -659,13 +600,13 @@ Menggunakan ifconfig dan route

Untuk mensetup jaringan anda, anda harus menjalankan tiga langkah-langkah -berikut. Pertama, kita menetapkan sebuah alamat IP bagi kita menggunakan +berikut. Pertama, kita menetapkan sebuah alamat IP bagi kita, menggunakan perintah ifconfig. Lalu, setup routing ke gateway menggunakan route. Dan terakhir, kita akan memasukkan alamat IP nameserver ke file /etc/resolv.conf.