2.2 2006-01-23
Administrasi User Menambahkan Sebuah User untuk Penggunaan Sehari-hari

Bekerja sebagai root di sistem Unix/Linux sangat berbahaya dan sebaiknya dihindari sebisa mungkin. Karena itu, anda sangat dianjurkan untuk membuat sebuah user untuk penggunaan sehari-hari.

Group yang diikuti oleh user menyatakan aktifitas apa saja yang bisa dilakukan oleh user. Tabel di bawah ini berisi sejumlah grup penting yang mungkin ingin anda gunakan:

audiodapat mengakses perangkat audiocdromdapat mengakses perangkat optikal secara langsungfloppydapat mengakses floppy secara langsunggamesdapat memainkan gamesportagedapat melakukan emerge --pretend sebagai user biasausbdapat mengakses perangkat USBplugdev Dapat me-mount dan menggunakan perangkat pluggable, seperti kamera dan stik USB video dapat mengakses perangkat untuk merekam video dan melakukan akselerasi hardware video wheeldapat menggunakan su
Grup Penjelasan

Sebagai contoh, untuk membuat sebuah user bernama john yang merupakan anggota dari grup wheel, users, dan audio, log in dulu sebagai root (hanya root dapat membuat user) kemudian jalankan useradd:

Login: root
Password: (Password root anda)

# useradd -m -G users,wheel,audio -s /bin/bash john
# passwd john
Password: (Masukkan password untuk john)
Re-enter password: (Masukkan lagi password tersebut untuk memastikan)

Jika user ini perlu menjalankan beberapa tugas sebagai root, user ini dapat menggunakan perintah su - untuk mendapatkan akses root sementara. Cara lain adalah dengan menggunakan paket sudo yang, jika dikonfigurasi dengan benar, sangat aman.